Othak-Athik Gathuk (tur yo mathuk)

Orang jawa (wong jowo )itu suka mengotak-atik kejadian-kejadian yang telah terjadi atau baru terjadi dengan dikait-kaitkan dengan keadaan. Atau juga ada yang menggunakan ilmu (titen) peristiwa jaman dulu dengan sekarang, sehingga menghasilkan kesimpulan-kesimpulan yang bisa juga salah dan bisa juga benar.

Beberapa orang juga ada yang mengotak-atik kata dan juga kalimat misalnya BBM kepanjanganya Bahan Bakar Minyak. Karena wong jowo sekarang ini sudah banyak tahu berita-berita di TV yang menyiarkan bahwa BBM harganya akan naik lagi, maka saking kesalnya  kepanjangan dari BBM itu berubah menjadi (Bola-Bali Mundhak), dan juga ketika peristiwa  SHUNAMI yang melanda aceh itu selalu dikait-kaitkan dengan keadaan yang ada. Misal percakapan bejo dan sastro ketika sedang merodai di warung jablai :

Bejo :  ” wah, jaman maju kok banyak sekali musibah ya tro?

Sastro:  ‘ aku juga bingung  jo…… apa ini sudah mendekati kiamat, mungkin  keadaan

alam yang memang sudah tua,

atau kurang pandainya manusia bersyukur kepada Allah!

Bejo :  “ padahal sebelum pemerintahan dengan pemimpin yang baru ini aman-aman

saja, damai sejahtera. baru saja menjabat kok ada-ada saja bencana

He,….., tro……..aku dengar dari orang –orang itu, karena nama pemimpinya

yang salah.  Namanya khan SBY  tro?

Sastro :  “lha memang kenapa dengan nama SBY?

Bejo : “  walah kamu ndak tahu to kepanjangan SBY tro, waahhh kamu itu rugi gak

pernah baca internet dan mendengarkan koran ketinggalan inpo-inpo,

‘temping’ itu tro……,

Sastro :  “ husss….. jangan jorok-jorok…. Terus  apa kepanjangannya?

Bejo :   “ SBY itu singkatan dari Sastro Bejo Nyudo Nyowo hehehehehehe

Sastro :  “ah……..kamu itu bisa aja joo…..joo……. mesti maksudmu bukan itu to?

Wa ….. tak kandhake lho……………(aja ngawur)

Bejo :  ” lha buktinya khan ada tro, hayyyooo gimana, (aku yo ora ngawur)

juga ada nama bulan dalam tahun  jawa itu diotak-atik, sehingga menhasilkan kalimat-kalimat bahkan penyataan-pernyataan yang belum tentu kebenaranya, misal (bahasa jawa)

  • Sasi RUWAH dadi ngluru Arwah, saben sasi ruwah akeh wong jowo padha nindakake tradisi sing wis turun-maturun ya kuwi genduren/bancakan sing diarani punggahan, karepe ngunggahke para leluwur sing wis mati, dijalukne ngapura karo sing gawe urip.
  • Sasi POSO dadi ngeposke roso, tegese ngeposke kuwi nglerenke/ngadhemke. Roso wis ngarani, karepe nyegah hawa nepsune sakjrone nindake poso
  • Sasi BODO dadi abote kaya ngapa tetep sida,  kanggone sing wis kulawarga lan duwe anak cilik saka bisa-bisa nukokke busana kanggo putra, sanadyan rasane abot nanging tetep kelakon mbuh piye carane wong tuwa sugih akal lan pertikele, apa adol gelange bojone, apa utang maratuwane, lan liya-liyane.

Itu semua berdasarkan daya pikir manusia yang mungkin kurang mempertimbangkan hal-hal tertentu yang mungkin merugikan salah satu pihak, istilahnya (Kala Menga) yang artinya kurang lebih (waton njeplak) asal berbicara.

Minta maaf, bila ada kesamaan nama itu suatu kebetulan saja yang tidak atau tanpa saya sengaja,

12 Tanggapan

  1. wah kejadian itu adalah pelajaran buat kita bahwa segala sesuatu akan tunduk akan kuasa Tuhan , jadi mari kita terus bersyukur atas apa yang terjadi untuk refleksi diri

  2. SBY, Sastro Bejo Yak’e

  3. ora mudeng .he..he.
    salam kenal..

  4. ojo mas … ojo .. yo ..

  5. wah mas wowos tambah maknyus aja nih dari ke hari tambah peningkatan …
    semangat mas … maju terus ..

  6. Ora mudeng aku .. Hehe

  7. Tak tamatke Sastro Bejo Nyudo Nyowo, iku dudu SBY tapi SBNN.
    Memang “SBY” yg bener harusnya jadi pemimpin bangsa yg diteladani rakyatnya seperti sampeyan yang jadi teladan sumua sarjana. Ngatirin, S.SN (Sarjana Standart Nasional).😀

  8. Saya kira Bejo ama Sastro ada orang yang mirip, dicoba klik namanya koq ndak di link, rupanya saya salah memperkirakan ya Pak….?

  9. eee,.. ladalah, mas Bejo ojo sok ngotak atik ngono to, mengko yen wis titi wancini kabeh kuwi arep keweleh, ora susah ngaku, ora susah ngapusi, sebab kabeh sing ono awake iki arep ngomong dewe-dewe, tangan arep wadul marang gusti Allah, sikil yosemono ugo, barang sing mok umpetke sik duwe rambut rintik kuwi yo arep wadul,….cekak aos kabeh sing mok lakone kuwi arep ana balasane, mulane ojo do iri marang koruptor, ning bersyukuro yen awake dewe iku ora melu korupsi yo isnya Allah diselametake.
    hahaha…maaf ki dalang, saya cuma bergurau…

  10. manusia punya kelebihan untuk mengutak atik kata..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: