Sabda Ratu Keliru

Sabda ratu ……Itulah kata-kata yang sering diucapkan kidalang dalam adegan wayang, yang berarti kata-kata seorang raja yang tidak akan pernah di ulang dan ditarik kembali. Ibarat kata tidak akan menjilat ludah yang sudah terbuang. Seorang pemimpin yang bijaksana dan berwibawa jika memutuskan masalah pasti akan selalu menawarkan bawahanya untuk mengeluarkan pendapat untuk mencapai keadilan dan demi menjaga nama baik kerajaaan maupun nama baik dirinya sendiri. Dalm mengaplikasikan pengamalan pancasila sila ke 5 (lima) yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

ING NGARSA SUNG TULADHA ING MADYA MANGUN KARSA TUTWURI HANDAYANI ini harapan manusia Indonesia yang akan membangun Negara sejahtera adil dan makmur

Dibawah ini adalah contoh naskah wayang didalam dialog ini menggambarkan seorang raja yang baik dan bijaksana.

Punta

Kula nuwun sewu penemban, kula ngaturaken agenging panuwun ingkang tanpa upami bebasan samendhang mboten karempit sedaya dhawuh jengandika bapa panemban. Salajengipun kula aturi lenggah ingkang sekeca kula nedya tetarosan kalwan para kadang langkung rumiyin.

Durna

Oh.. inggih mangga-mangga ngger.

Sabda ratu adalah ucapan yang pasti dari seorang raja yang tidak aka terulang lagi

Sabda ratu keliru adalah singkatan dari sabtu dalu rasah turu kumpul latihan karo guru. Selama ini kami dan teman –teman selalu aktif untuk meningkatkan kemampuan diri dalam ilmu TIK. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari sabtu malam di SMA N 1 Dusun Tengah, kegiatan ini sangat berguna untuk mengembangkan diri dalam menghadapi perkembangan ilmu teknologi yang semakin canggih. seorang pendidik yang baik harus mau dan tanpa malu untuk meningkatkan kompetisinya supaya mendapatkan hasil pembelajaran yang baik dan memuaskan.

Sabtu malam adalah waktu yang baik bagi kami untuk melaksanakan kegiatan ini bersama kawan-kawan, canda,tawa, pengajaran, ilmu, curhat, pemecahan masalah umum atau pribadi semua ada disini. Untuk itu marilah bergabung bersama kami untuk menggali potensi diri kita. Kemampuan diri itu diperoleh dari ketekunan kita dalam belajar bukan hanya melalui program-program pemerintah saja.

20 Tanggapan

  1. Usul SABDA PALON mas dalang, SABtu DAlu mlamPAh aLON-alon

  2. Usul malih nggih
    SABDA PALON BENER
    SABtu DAlu mlamPAh aLON-alon BEN pintER

  3. kalo yang pake Mbasa Njawa-nya saya nyerah saja Pak Dalang. Semoga kegiatan sharing sabtu malamnya bersama Forumborneo.com tetap lestari.

  4. wah… apa ya itu artinya?

  5. ING NGARSA SUNG TULADHA ING MADYA MANGUN KARSA TUTWURI HANDAYANI apa tuh artinya pak?

  6. Maklum Pak.. manusia kan terkadang bisa salah juga,, walaupun ki dalang wowos profesional🙂
    http://ulah55.wordpress.com/2010/11/12/lakuka-hal-untuk-membantu-indonesia.html

  7. SELAMAT PAGI NGATIRIN, APA KHABAR ? MARI KITA MEMBIASAKAN DIRI UNTUK MENJADI TELADAN MEMBERI CONTOH YANG BAIK KHUSUSNYA DALAM MELAYANI MASYARAKAT. TELADAN BAGI ORANG LAIN DAN LEBIH-LEBIH TELADAN BAGI DIRI KITA SENDIIRI. TRIMS YA ?

  8. kulonuwun..sugeng ndalu pak dalang…

  9. Oww…. Kesalahan Pasty aza ad?? mari kita bersama belajar dari sebuah Kesalahan. tp, jgn selalu salah benar dungk. heeheheheh

  10. wah, asli org jawa yang punya blog ini…

  11. Assalaamu’alaikum Mas Ngatirin

    Pemimpin yang baik kepimpinannya tentu sahaja tidak akan membelakangi rakyatnya untuk keharmonian dan kesejahteraan. keadilan menuntut kesaksamaan hak dan kesamarataan dalam berkongsi kebahagiaan dan kesusahan.

    Oleh itu, keperihatinan rakyat kepda pemerintah yang baik akan mengekal lama pemimpin tersebut dalam lingungan dan kata2 dan tingkah lakunya selalu menjadi ikutan dan teladan.

    Salam mesra selalu dari saya di Sarikei, Sarawak.😀

  12. wah wah wah hebat tenan nek iki, pantes dha ndang pinter-pinter

  13. Wah,..wah salut,..kreatif juga nih. Sabda Ratu Keliru. …
    …heeem tak pikir opo to yo….jebulane,..dino sabtu rantuk turu mergo kudu kumpul karo guru,…yen ngono Petruk Dadi Ratu,….hehe opo yo artine…

  14. saiki lakone ganti petruk nampa rapot pak, gek rapote elek bijine hehehehe

  15. lho kok lakone sik Sabda Ratu to.

  16. Pa, chandra pernah liat di tv ada pentas pewayangan yang menggunakan bahasa inggris,gimana itu pa, boleh-boleh saja ya atau gimana??

    Trimz

  17. […] Pak Budi, Pak Akhta, Pak Yusman, Pak Bayu, Pak Wowos yang membidani lahirnya kegiatan SALAM GAGAH ini. Mereka semua adalah blogger dari Ampah, sebuah […]

  18. Yoh apik kuwi,,,sabda ratu mbi latihan,,,wkwkwkwkkw,,,teruskan,,,,bebas wae nulis penting nang ati lego….slam ko Andhalang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: