LEMBAGA PENDIDIKAN DI MASYARAKAT

Masyarakat diartikan sebagai sekumpulan orang yang menempati suatu daerah, diikat oleh pengalaman-pengalaman yang sama, memiliki sejumlah persesuaian dan sadar akan kesatuanya, serta dapat bertindak bersama untuk mencukupi krisis kehidupanya.

Masyarakat juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk tata kehidupan sosial dengan tata nilai dan tata budaya sendiri. Dalam konteks pendidikan, masyarakat merupakan lingkungan ketiga setelah keluarga dan sekolah.

Lembaga pendidikan yang dalam istilah UU Nomor 20 Tahun 2003 disebut dengan jalur pendidikan non formal ini, bersifat fungsional dan praktis yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan kerja peserta didik yang berguna bagi usaha perbaikan taraf hidupnya.

Pendidikan ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  • Pendidikan diselenggarakan dengan sengaja diluar sekolah
  • Peserta umumnya mereka yang sudah tidak bersekolah atau drop out.
  • Pendidikan tidak mengenal jenjang dan program pendidikan untuk jangka waktu pendek.
  • Peserta tidak perlu homogen.
  • Ada waktu belajar dan metode formal, serta evaluasi yang sistematis.
  • Isi pendidikan bersifat praktis dan Khusus.
  • Keterampilan kerja sangat ditekankan sebagai jawaban terhadap kebutuhan meningkatkan taraf hidup.

Beberapa Istilah Jalur Pendidikan Luar Sekolah

Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat atau yang dikenal dengan jalur pendidikan luar sekolah, memiliki beberapa istilah didalam kerangka pelaksanaan pendidikanya, sebagai berikut : Pendidikan social, Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Rakyat, Pendidikan Luar Sekolah, Mass Education, Adult Education, Extension Education, Fundamental Education

Sasaran dan Program Pendidikan Nonformal

Dalam perspektif pendidikan seumur hidup, semua orang secara potensial merupakan anak didik dalam berbagai tahap untuk perkembangan hidupnya. Dalam konteks ini paling tidak mereka dapat diklasifikasikan kedalam enam katagori, yang masing-masing dengan prioritas programnya berikut ini :

Para Buruh dan Para Petani Ini merupakan golongan terbesar dimasyarakat, mereka dengan pendidikan yang sangat rendah atau bahkan tanpa pendidikan sama sekali. Program pendidikan yang harus diberikan kepada mereka adalah sebagai berikut :

Pendidikan yang bisa atau mampu menolong meningkatkan produktivitas mereka dengan cara mengajarkan dengan berbagai macam keterampilan dan metode baru terutama seperti bertani atau sejenisnya.

Pendidikan yang mampu mendidik mereka agar bisa memenuhi kewajiban sebagai warga Negara dan sebagai kepala keluarga yang baik, sehingga mereka menyadari bahwa pendidikan bagi anak-anak mereka adalah sangat penting.

Pendidikan yang mendidik mereka bagamana memanfaatkan waktu senggang secara efektif terutama dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta produktif sehingga hidupnya lebih berarti.

Para Remaja Putus Sekolah

Golongan remaja yang menganggur karena tidak mendapatkan pendidikan keterampilan atau under employed, disebabkan kurangnya bakat dan kemampuanya, memerlukan pendidikan vokasional yang khusus.

2 Tanggapan

  1. wah,,mesra banget fotonya. hati-hati bisa dicekal lho..
    he..

  2. kenapa sih yang kamu cemburu ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: